KKM

Pada buku Laporan Pendidikan ( raport ) peserta didik kita, tercantum nilai akademik ( hasil pencapaian belajar ) dan nilai KKM ( Pencapaian Minimal ). Misalnya untuk mata pelajaran Matematika kkm-nya 65 dan nilai akademik 80. Bagi siswa yang mendapat nilai tersebut berarti siswa ini sudah mendapat nilai yang bagus, karena memiliki nilai diatas KKM. Kalau semua mata pelajaran nilainya diatas nilai KKM, maka siswa tersebut layak untuk naik kelas.
Nah sekarang marilah kita ingat- ingat kembali apa yang dimaksud dengan KKM. KKM ( Kriteria Ketuntasan Minimal ) adalah tingkat pencapaian kompetensi dasar yang harus dicapai oleh siswa per mata pelajaran. Siswa yang belum mencapai nilai KKM dikatakan belum tuntas. Adapun penetapan KKM berdasarkan 3 aspek yaitu : 1.Tingkat kompleksitas meliputi pemahaman SDM, Daya kreatifitas dan inovatif dalam melaksanakan pembelajaran, Waktu yang diperlukan untuk pencapaian kompetensi, dan Daya talar dan kecermatan siswa 2. Kemampuan Sumber Daya Pendukung meliputi ; Ketersediaan tenaga, sarana dan prasarana pendidikan yang dibutuhkan, Perbandingan antara sarana dan prasarana ideal yang dibutuhkan dengan sarana dan prasarana yang ada. 3. Tingkat kemampuan rata- rata ( Intake Siswa ) atau Kemampuan rata- rata yang dimiliki siswa untuk mencapai kompetensi dan life skill. Skor ini bisa diambil dari hasil tes seleksi masuk atau dari SKHUN.
Kemudian ketiga aspek tersebut dibuat rentang nilai antara 40 - 100. Baiklah agar tidak bingung kita ambil contoh konkrit dari pelajaran Matematika pada Indikator ' Menggunakan rumus sinus jumlah dan selisih dua sudut' Kompleksitas 70 , Intake siswa 68, Sarana pendukung 60 Maka diperoleh KKM = 70 + 68 + 60 dibagi 3 hasilnya adalah 66. Kalau suatu 'Kompetensi Dasar' ada 6 indikator maka KKM-nya diambil dari rata- ratanya. Kemudian kalau semester tertentu suatu 'Standar Kompetensi' ada 4 Kompetensi Dasar maka KKM-nya juga diambil dari rata- ratanya. Demikianlah perjalanan suatu KKM yang terdapat pada buku Laporan Pendidikan putra- putri KITA <?> yang masih sekolah. 


No comments:

CO.CC:Free Domain