'' Duta Islam '' bag. 1

Belum lama ini, seorang sahabat bercerita tentang anaknya yang duduk di kelas 4 SD Jepang. Anaknya, sebut saja Rohana Chan selalu memakai jilbab mungilnya ke sekolah, meskipun di dalam kelas jilbab itu dibukanya. Suatu hari, teman akrabnya di sekolah, Alko chan mencoba memakai jilbab mungil milik Rohang Chan. Sambil sedikit bercanda, dia menanyakan pendapat teman-temannya bila ia memakai jilbab. Lalu dijawab ''Hen da yo (kamu aneh)''. begitu pendapat teman-temannya.

Lain waktu, Alko Chan berkata kepada Rohana chan,''saya ingin menjadi orang Islam, tapi saya bukan orang Indonesia seperti kamu'' Rohana chan menatapnya. ''kamu bisa tetap menjadi orang Islam, meskipun kamu bukan orang Indonesia, kamu juga tidak perlu bisa bahasa Indonesia untuk menjadi orang Islam, kamu cuma perlu belajar Al-Qur'an,'' jawab Rohana chan memberi penjelasan. Rohana chan tanpa sadar menjadi da'i cilik yang memperkenalkan Islam kepada teman-teman Nihonjin-nya.

Beberapa waktu lalu, ketika orang tuanya sedang mengantarkan anaknya ke jidoukan untuk mengikuti kegiatan rutinnya. Seorang teman Nihonjin menyedorkan sesuatuatu kepadanya, ''ini daftar makanan yang boleh dan tidak boleh dimakan oleh orang Islam. Saya dapat ini dari Internet,''ujarnya, ''Moushi yokattara, tsukatte kudasai,'' katanya lagi. Orang tua tersebut terkejut dengan perhatiannya, selama ini dia memang sering menolak secara halus bila teman Nihonjin menawarkan makanan yang dia ragukan kehalalannya. Namun dia juga selalu menjelaskan alasan penolakannya, yaitu karena agama.

Meskipun awalnya kecewa dan sedikit tersinggung, tetapi lambat laun mereka menghargai pendirian nya. Karena di lain waktu ketika dia yakin makanan yang diberikan itu halal, tanpa ragu dia langsung memakannya bersama mereka. Tidak jarang dia kerepotan mengecek bahan makanan yang terdaftar dalam kemasan, apakah ada unsur yang haram atau tidak. Ternyata temannya yang satu ini menaruh perhatian khusus tentang kebiasaannya. Hinga menawarkan solusi untuk meringankan kesulitannya. Makanan apa yang bisa dimakan..

------
Khaula Andika

No comments:

CO.CC:Free Domain