Hutan Sumatera Terancam Punah

Bila kita amati dan cermati,..
Hutan di Sumatera mulai dari pesisir pantai barat NAD hingga Lampung, kondisinya saat ini memang sangatlah memperihatinkan.

Bahkan,. Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) dapat menyimpulkan bahwa, kerusakan hutan di Sumatera rata-rata seluas 500.000 ha/tahun.

Walaah,..tentunya ini suatu angka yang bukan main-main !!

Jika kita lihat kondisi hutan kita saat ini, maka kita sama-sama dapat memprediksikan bahwa 5 tahun mendatang hutan Sumatera akan terancam punah.

Inilah akibat tingginya laju deforestasi atau pengalihan fungsi hutan produksi ke lahan perkebunan serta Hutan Tanaman Industri (HTI).

Jadi suatu hal yang wajarlah jika pada musim hujan, banjir dan longsor datang menghampiri. Akibat dari daerah-daerah resapan air nyaris sudah tidak ada.

Namun kebalikan nya. Jika musim kemarau tiba, sungai-sungaì mengalami pendangkalan yang berujung pada kekeringan yang sangat luar biasa..!!

Sebenarnya, kerusakan hutan terjadi bukan hanya di Sumatera saja sih,. Namun sudah merata di seluruh Indonesia, seperti; Kalimantan, Sulawesi, dll.

Mungkin diantara kita ada yang bertanya,. "Kenapa sih kok hal ini dibiarin terus terjadi..?!"

Yach,.semua ini, akibat multi dimensi mulai dari tatanan ekonomi, politik, sosial, dan budaya.

Dan kita sebagai rakyat cuma bisa berharap, agar pemerintah jangan terlalu ceroboh jika menerima bantuan dana asing yang faktanya itu hanya pinjaman.

Menerima bantuan dan pinjaman asing perlu kehati-hatian, sebab selalu ada kepentingan positif dan negatifnya.

Nah..kembali pada judul kita diatas, maka dibutuhkan jaminan pemerintah untuk melakukan restorasi atau membangun penghijauan hutan kembali yang butuh waktu hampir 500 thn.

Pikir-pikir,..kasihan juga anak, cucu, bahkan cicit kita ya ?! Mereka lahir juga belum, sementara tugas telah menantì.

26 comments:

fahrie said...

ini sangat bagus bagi dunia pendidikan
patria x-1

arief firmansyah said...

Menurut saya blogs yang di buat bapak bagus, banyak memberikan informasi. seharusnya diperbanyak.






arief firmansyah.(10.1)

Riri Ariestianti Ananda said...

Menurut saya artikel bapak bagus karena kurangnya kesadaran rakyat akan pentingnya hutan

Riri Ariestianti Ananda said...

Menurut saya artikel Bapak bagus karena kurangnya kesadaran rakyat akan pentingnya hutan

Riri Ariestianti Ananda said...

menurut saya artikelnya bagus dan menarik karena hutan harus dijaga dan dilestarikan
Heni sulastri x.11

Riri Ariestianti Ananda said...

Menurut saya bagus karena hutan merupakan salah satu kekayaan alam yang ada di Indonesia jadi harus di jaga.
Sri Nita Dewi x.11

Riri Ariestianti Ananda said...

Menurut saya blogs yang Bapak buat bagus untuk dipelajari.
Lisma Efrillian x.11

Riri Ariestianti Ananda said...

Menurut saya blogs yang Bapak buat bagus dapat memberikan informasi bagi dunia pendidikan.
Ika Kartika x.11

Riri Ariestianti Ananda said...

Menurut Saya artikelnya bagus dan dapat menjadi pelajaran bagi rakyat Indonesia.
Siti Robiah x.11

Riri Ariestianti Ananda said...

Artikel yang Bapak buat sangat bagus dan semoga bermanfaat untuk dipelajari orang banyak.
Maryati Indah Sari x.11

SuBuR said...

menurut saya, artikel ini sangat bagus untuk para pelajar untuk menambah ilmu pengetahuan

Riri Ariestianti Ananda said...

blogs yang Bapak buat sangat bagus dan manfaatnya baik untuk semua orang.
Maryanih Indriana x.11

Riri Ariestianti Ananda said...

Menurut saya,artikel tersebut bagus untuk menyadarkan rakyat Indonesia akan pentingnya hutan.

Sri Tika Fauziah said...

menurut saya, artikel ini cukup bagus karena kita jadi tahu tentang lingkungan hidup disekitar kita

Sri Tika Fauziah said...

menurut saya, artikel ini sangat baik untuk para pelajar untuk memperoleh pengetahuan

cindy said...
This comment has been removed by the author.
cindy said...

menurut saya artikel ini sangat bagus untuk di baca anak-anak SMAN 2

CINDY XI IPA2

eva said...

menurut saya artikel ini unik

eva 2ipa2

eva said...

pak. .menurut saya artikelnya menarik tapi jgn sring2 ngasih tugas


andini 2ipa1

Unknown said...

Selamat siang pak..........?saya mau memberikan pendapat kepada blogger bapak.Menurut saya artikel ini bagus dan menarik baik didunia pendidikan maupun kebudayaan,sebab kepunahan hutan kita harus kita perbaiki agar tidak terancam punah.Supaya orang itu sadar bahwa jika kepunahan hutan di Sumatera akan mengakibatkan musibah bagi warga disekitar.Saya berharap warga Sumatera dapat menjaga dan mencegah kepunahan hutan.Sekian pendapat dari saya mohon maaf jika ada kesalahan pada komentar saya.
FITRI WIJAYA
X.1(SKM)

fifi said...

Ayo kita jaga kelestarian hutan kita (pipi XI IPA2)

patria said...

menurut saya ini sangat baik untuk kemajuan terutama para pelajar sma/sederajat untuk melanjutkan jenjang universitas atau melanjutkan kerja.Trims

patria said...
This comment has been removed by the author.
.:: Slamet Budiarto ::. said...

ya,. ya,.
jadi sangat rasionalkan bagi kita jika sekarang & masa mendatang negri ini harus menuai panen bencana alam ?!
Sungguh ironis memang..

Vita Anggraini said...

menurut saya.....
blogger bapak tuch...keRennzzz

kalau bisa tambahin permasalahn mengenai ekonomi penduduk indonesia yang skrg lagi gak terkontrol...

Unknown said...

Menurut saya, artikel ini sangat menarik karena artikel ini memberikan informasi tentang hal yang hampir tidak pernah terekspos oleh media massa lain dan lagi, pemerintah semakin memperparah keadaan. seharusnya pemerintah itu melindungi hutan-hutan yang ada diIndonesia dan tidak memberikan izin seenaknya demi uang untuk memangkas hutan. Sekian komentas dari saya Terima Kasih

Ahmad Ariz @ X1

CO.CC:Free Domain