Pendekatan "Student Centered"

Pendekatan yang dilakukan seorang guru akan menentukan strategi dan metode untuk mencapai tujuan.

Sehingga patut di sadari bahwa seorang guru selalu dituntut dengan persiapan pengajaran yang bervariasi, salah satunya adalah pendekatan kontekstual (student centered) lebih efektif.

Pendekatan kontekstual merupakan konsep belajar yang membantu seorang guru mengaitkan antara materi yang diajarkannya dengan situasi dunia nyata siswa, serta mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang ada padanya dan penerapannya dalam kehidupan mereka sehari-hari.

Dengan demikian, maka diharapkan :

1. Siswa belajar dari pengalamannya sendiri, mengontruksi pengetahuan, dan kemudian memberi makna pada pengetahuan itu.

2. Siswa harus tahu makna belajar dan menggunakan pengetahuan serta keterampilan yang diperolehnya untuk memecahkan masalah dalam kehidupannya.

3. Adapun tugas guru adalah mengatur strategi belajar, membantu menghubungkan pengetahuan lama dengan yang baru, dan memfasilitasi belajar.

4. Siswa aktif belajar dan bekerja.

(Dirjen Dikdasmen Depdiknas RI, 2003:5-8).

18 comments:

Senopatiaji said...

Siiii..p mas !!
sy suka baca artikel mas.
buat tambah2 ilmu gitu lho..
keep writting !..

Unknown said...

saya setuyu dengan artikel bapak bahwa pendekatan guru pada murid(student contered)itu sangat penting karena secara tidak langsung itu membantu siswa memahami apa yang akan dipelajari dalam mata pelajaran yang diajarkan oleh seorang guru.
seharusnya semua guru melakukannya agar guru mengetahui bgmn cr berfikir siswa.
linda
kelas:x1Ipa2

Unknown said...

saya setuyu dengan artikel bapak bahwa pendekatan guru pada murid(student contered)itu sangat penting karena secara tidak langsung itu membantu siswa memahami apa yang akan dipelajari dalam mata pelajaran yang diajarkan oleh seorang guru.
seharusnya semua guru melakukannya agar guru mengetahui bgmn cr berfikir siswa.
linda
kelas:x1Ipa2

ricky said...

ok banget...

ricky said...

Assalamualaikum,

menurut saya,... blog ini sangat berguna bagi para pelajar dan juga masyarakat umum, disini kita dapat ilmu yang kita tidak di dapat di sekolah ,dan juga banyak perihal menarik yang ada disini, seperti artikel-artikel yang sudah bapak buat. cherrs up..!
Wassalamualaikum.

Ricky julian X1

M Subki X-1 said...

Asallamualaikum wr.wb

menurut pendapat sayaaa...!!
Blog ini sangat bagus dan menarik, karena Blog ini mempunyai bermacam-macam artikel-artikel yang berguna bagi kehidupan sehari-hari.



M Subki
X1 (SKM)

kamiyuky ino said...

saya sangat tertarik dengan artikel yang bpk buat karena itu menjidakan motifasi khususnya untuk kalangan pelajar...
pendekatan guru dengan murid sangat membantu murid untuk lebih semangat dalam belajar,,,,
sukses dengan artikel yang bpk buat... chayooo !!!!

LIA ANGGRAENI XI IPA 2

Qyu Core2 said...

Saya sependapat dengan apa yang bapa' tulis dalam artikel. sehingga baik murid maupun guru dapat saling mengerti dan dapat saling mendukung dalam proses belajar mengajar. dengan begitu suasana dalam belajarpun menjadi nyaman.
artikelnya terus di update ya pa!!!
jadi bisa dapet ilmu baru setiap buka blog bapa'...


Kristiana
XI IPA 2

fahrie said...

nama saya muhammad fahri x1,anda memang orang yang jenius dan berilmu.. anda menciptakan blog yang sangat bagus...

ika said...

saya setuju dengan artikel bapak,guru sangat bagus mendekatan kepada siswa kerana dengan dekat tuh siswa merasa berani untuk bertaya

ika said...

saya sengat setuju pendekatan guru kepada siswa sangat bagus,dan sengat berbobot

ika said...

nama saya wiwi kls x.11 saya sangat setuyu dengan artikel yang bapak buat karena pendekatan kepada siswa bagus

abdul mumin said...

menurut saya bagus.dengan adanya metode tersebut para pelajar dapat belajar dengan baik dan termotivasi

abdul mumin(ipa 2)

adzatsoetisna said...

menurut saya sangat bagus denga adanya metode tersebut para pelajar dapat termotivasi..

Ajat.S IPA.2

yanti said...

BEGINI PAK :

menurut saya "Pendekatan "Student Centered" bagus.Karena biasanya anak murid ada yang malu bertanya. Biasanya dikarenakan karena faktor takut diejek pertanyaannya oleh teman - teman mereka.Dan kadang juga takut salah apabila pertanyaan mereka tidak masuk akal.
Cukup Terima kasih.

yanti said...

Maaf pak lupa.
Nama saya Eka Nurjayanti
Kelas XI IPA 2
Maaf juga Pak saya baru mengirimnya. Saya tidak tau jika emailnya di kirim paling lambat tanggal 17 juni 2008.
Karena saya baru di beri tahu kemarin.
Terima kasih Pak.

Anonymous said...

Ass...wr.wb

Menurut saya blog Bapak kurang menarik sebab blog yang Anda buat kurang variasi seperti warna tulisan dan data-data yang terdapat didalam blog Anda kurang lengkap. Tetapi blog Anda dapat memberikan wawasan terhadap pelajar/pembaca.

Mahdia said...

Menurut saya blog ini kurang diminati oleh para pelajar, karena tampilannya yang kurang menarik dan warna yang terdapat ditulisan tersebut kurang variatif. tetapi para pembaca dan para pelajar dapat bertambah wawasan mereka.

CO.CC:Free Domain