Kawasan Taman Hutan Raya Ir.H Juanda

Kawasan curug Dago ditetapkan sebagai lokasi wisana alam Taman Hutan Raya (TAHURA) berdasarkan keputusan Presiden ñø 3 thn 1985. Letak kawasan yang berada di Kec. Cicadas dan Kec. Lembang, tepatnya pada 10730' Bujur timur dan 6052' Lintang selatan ini diresmikan langsung oleh Presiden ke-II RI, pada tgl 14/01/1985. Selanjutnya,. berdasarkan SK Mentri Kehutanan no 192/Kpts-II/1985, pengelolaannya diberikan kepada Perum Perhutani unit III Jabar. Dengan medan yang agak curam dan terjal, serta di ketinggian 770 m s/d 1.330 m di atas permukaan laut, tentunya berhawa sejuk dan nyaman. Ditambah dengan pemandangan alam yang begitu asri, sangat tepat untuk melepas rasa penat dan agar kita kembali fresh condition. Kawasan ini di dominasi oleh beragam jenis tumbuhan, seperti : *.Pinus (pinus perkusii) *.Caliandra (calliandra callothyrsus) *.Bambu (bambusa sp.), dll. Demikian pula beberapa jenis satwa liar dapat kita saksikan, seperti : *.Musang (paradoxurus) *.Tupai (callosciurus) *.Kera (macaca insulari) *.Berbagai jenis burung, dll. Selain itu, di kawasan TAHURA terdapat monumen Ir.H Juanda di plaza, goa Belanda dan goa Jepang, serta kolam buatan seluas 1.15 Ha milik PLN guna menampung air sungai Cikapundung yang kemudian di pergunakan sebagai sumber pembangkit listrik.

16 comments:

Unknown said...

apa kabaR,Pak?
saya ingin memberi komentar kepada bapak...... tapi mohon maaf apabila terdapat kesalahan atau terlalu "menyakitkan hati"....... karena dengankomentar yang membangun,dapat memperbaiki diri kita...

Blog yang Bapak buat menurut saya kurang menarik.
Karena bagi kami (pelajar sekaligus remaja),kami lebih tertarik pada blo yang berisi pengetahuan dengan diimbangi berbagai animasi atau berbagai artikel yang kurang saya minati.
Menurut saya,sebaiknya blog tersebut diisi dengan berbagai animasi yang menarik serta info yang bersifat "remaja".
Mudah-mudahan dengan blog yang lebih baik,pasti banyak yang mengunjungi blog Bapak..... tentunya para siswa/i pun banyak yang ingin mengunjungi blog bapak...
Kalau bisa sich ditambah dengan ramalan bintangnya. tentunya mkin banyak yang ingin barkunjung ke blog itu. dan blog itu banyak digwemari kaum remaja termasuk aku...

Menurut saya itulah pendapat saya tentang blog yang bapak punya.....1 kali lagi saya mohon maaf jika ada kata-kata yang terlalu menyinggung....

Rahman said...

menurut saya, artikel ini sangat menarik dan sangat luar biasa

Unknown said...

selamat sore pak !!
saya fransisca anastasia maria oswandi kelas SKM 1.
Setelah saya membaca artikel bapak bagus banget ini buat kita tambah wawasan teruta bagi kita para pelajar, tapi saran saya jika bagus lagi kalau lebih bagus ada latihan soal - soal, lebih banyak artikelnya, lebih banyak foto- foto. Sekian dari saya terima kasih

samsi said...

menurut saya artikel bapa sangat bagus karena dapat menambah pengetahuan saya kalau bisa kalau jalan-jalan kesans aja pak

samsi said...

menurut saya artikel bapa sangat bagus karena saya menyukai taman hutan raya Ir. H juanda yg indah pesona alamnya
nama:krisdianto.Y
kls:x.11

rendi said...

apa kabar pa?
saya rendi wira maulana,skm 1:
menurut saya blog yang bapak buat sudah cukup menarik&SANGAT MEMBUAT ANAK2 LEBIH SUKSES ,Tp Menurut saya kalaw buat anak2 lebih yang mengenai tentang pelajaran.

Makasi...........

Anonymous said...

Selamat siang pak?sebelumnya saya minta maaf jika ada kesalahan pada komentar saya.
Menurut saya blog yang bapak buat yang berjudul "Kawasan Taman Hutan Raya Ir.H Juanda"itu sangat menarik karena dapat memberikan pengetahuan yang lebih luas tentang alam.Kita juga dapat termotivasi untuk berkunjung kekawasan Taman Hutan Raya Ir.H Juanda itu,sepertinya yang saya lihat dalam gambar tersebut, disana alamnya masih bersih dan alami sebab belum terkena polusi.Apalagi terdapat banyak bermacam-macam tumbuhan dan binatang yang terdapat dalam blogger bapak tersebut.Sekian komentar dari saya terima kasih karena dapat memberitahu tentang alam.
Silvia Octobella.p
X.1(SKM)^_^

eva said...

BAAAAAAAGUUUUUUUS BANGEEEET




andini 2ipa 1

RD.Amar s r X.10 said...

Menurut saya artikel ini sangat bagus!!!!

Unknown said...

Menurut Saya :
sangaaaaaaaaaattttttttttttt baguuuuuuuuuuuuuuusssssssssss bgetttttttttttttttttt !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
Tapi kurang menarik,karena kurang animasinya, dan articelnya kurang banyak sebaiknya di tambah lagi!!!!!!!!!!!!!

Menurut saya, perlu ditambah articel ttg remaja agar lebih banyak lagi anak muda yang mengunjungi blog bpk, terutama anak skM yang imoeeeeeeeeeeettttttttttt !!!!!

Nurhayati X.1

tuti susanti said...

kalau menurut pendapat saya blog yang bertema Kawasan Taman Hutan Raya Ir.H Juanda yang saya baca,cukup bagus dan menarik banget buat di bahas.
kita sebagai pemuada penerus perjuangan Ir.Juanda kita harus bisa melestarikan kekayaan alam itu agar tidak punah.
terima kasih atas artikelnya!!!!!!
ARTIKELNYA BUAGUUUUS BANGET...


TUTI SUSANTI ( XI IPA 1 )
tuti_iday@yahoo.co.id

Nurmayani said...

Ass...
Jujur niey... Menurut saya blog yang bapak buat kurang menarik,, topik dan backgroundnya kurang kreatif...
Kalau bisa, tampilkan juga berita-berita terbaru dari mancanegara.
Mudah-mudahan kritik dan saran saya dapat membuat blog bapak jadi lebih bagus....

sekian dari saya, terima kasih.
Wss...

Unknown said...

as.saya masropah kelas 10.1 ingin memberikan komentar pada artikel bapak.Menurut saya artikel yang bapak buat sudah bagus, tapi kurang menarik dilihat karena gambar asli pada artikel hanya ada satu dan lebih baik gambar-gambarnya ditambah lagi agr lebih banyak dan lebih menarik dan akan menarik orang agar mengunjungi blog bapak. dan isi artikelnya kurang lengkap. sekian pendapat saya untuk artikel bapak.
wassalam....

desi said...

Artikel Bapak yang satu ini keren banget.............




Maya 2 Ipa2

Unknown said...

assalamualaikum..
maaf pak terlambat memberi komentarnya,saya baru tahu blog bapak tadi.
menurut saya artikelnya bagus dan dapat menambah wawasan mengenai taman hutan yang baru.karena saya menyukai lingkungan alam jadi saya sangat senang membaca informasi dari blog bapak. terima kasih.. bayu XI IPA 1

samsi said...

menurut saya artikel ini sangat bagus dan pemandanganya sangat indah....................!!!!!!!!!!!!!!!!!

CO.CC:Free Domain