Atasi Stress


Dinamika hidup megapolitan, serta rutinitas hidup yang penuh dengan tekanan kerja yang tinggi pada tiap hari-harinya tanpa selingan, dapat menimbulkan kejenuhan atau 'Stress'...
Apalagi bagi adik-adik pelajar yang sedang menghadapi ulangan umum,...
Tenaaaang,..!! jangan keburu stress. Stress adalah gangguan homeostasis secara psiko-fisik akibat tekanan yang disebut 'stressor'.
Timbulnya bisa saja dari hubungan antara pimpinan dan bawahan yang tidak sinergis, atau jika anda pelajar bisa saja dari hubungan keluarga dan interaksi sosial yang tidak harmonis. Ataupun,.budaya kerja / belajar yang tidak kondusif..
Oke,.dach !!. Ada beberapa hal atau cara mengatasi kejenuhan / stress : peningkatan daya diri, managemen diri, penunjang sosial (social suport), peningkatan keterampilan, pembenahan etos kerja/belajar, dan perubahan cara berpikir, serta kemanpuan melepaskan diri..
Parakanca sekalian, agaknya repot nich buat ngejelasin satu-persatunya,.
Kita ambil yang simpel aja yach,.. ?!
Alternatif relaksasi sederhananya namun efektif adalah mencari tempat yang tenang. Atau yang lebih ekonomis lagi ialah meski tidak dapat kemana-mana, cobalah mencari posisi yang enak agar badan nyaman dan otot-otot lemas, sehingga syaraf-pun mengendor..
Aaackh,.ada yang berpikiran negatif ya,. atas penjelasan saya tersebut ,.. ?!
Justru disinilah kata kuncinya parakanca,. Hilangkan negatif thinking, karena kepala yang dipenuhi pola pikir negatif, akan menelurkan efek negatif pula bagi fisik dan psikis kita.
Baiklah parakanca semua,. Selain menyingkirkan pikiran-pikiran negatif pada diri sendiri,. Saya akan beri tugas buat anda parakanca semua... Cobalah mendata pikiran-pikiran apa saja yang mendasari emosi atau timbulnya stress ??.. Kemudian perbanyaklah rasa syukur dan ibadah kepada-Nya.

No comments:

CO.CC:Free Domain