Selamat Jalan mr. Edward

(Washington)..



Edward Lorenz,. "Bapak teori chaos", telah wafat dalam usianya 90 thn, pada 16-04-'08 malam di kediamannya di Cambridge, Massachusetts.
Beliau meninggalkan 3 anak dan 4 cucu.

Teori Chaos ;
'tindakan kecil dapat menyebabkan perubahan besar dan dikenal dengan dampak kupu-kupu'

Lorenz adalah seorang meteorolog (1960-an). menemukan bahwa perubahan kecil dalam pranata dinamik, misalnya atmosfir, dapat menyebabkan perubahan yang dahsyat.

Pada thn 1972, dia menghasilkan sebuah penelitian yang berjudul "Prediktabilitas. Benarkah kepak sayap kupu-kupu di Brazil menyebabkan Tornado di Texas ?"

Sang ilmuwan ini lahir pada thn 1917 di West Hartford, Connecticut.

Ia berhasil meraih gelar sarjana matematika di Dartmouth College pada thn 1938, dan dari universitas Harvard pada thn 1940.
Kemudian sarjana meteorologi dari Massachusetts Institut Technology (MIT) pada thn 1943 dan 1948.

Temuannya yang sangat cemerlang adalah, "Dengan menunjukkan bahwa pranata deterministik memiliki batas prediktabilitas formal".
Lorenz telah melakukan sebuah revolusi ilmiah ke-3 dalam abad 20. Menyusul teori relatitas dan ilmu fisika kuantum.

Hingga pada akhirnya di thn 1991, Lorenz mendapat penghargaa Kyoto untuk ilmu pengetahuan dasar bidang ilmu bumi dan planet.

1 comment:

Unknown said...

assalamualaikum wr.wb.
Saya Fiska kelas 10.1.saya akan memberi komentar pada tulisan bapak tentang "Selamat Jalan Mr.Edward"..... menurut saya artikel ini sangat bagus dan bermanfaat bagi saya. karena artikel ini berisi pengetahuan. awalnya saya tidak mengenal Mr. Edward,tapi berkat tulisan ini,saya tahu siapa Mr. Edward sebenarnya. Menurut saya artikel sangat bermanfaat bagi saya..
Sekian komentar dari saya... mohon maaf jika ada kata-kata yang menyinggung perasaan Bapak..
wass...

CO.CC:Free Domain