Kunci Sukses Proses Belajar Anak

Dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, maka proses belajar - mengajar merupakan tanggung jawab seluruh komponen bangsa.. Berawal dari peran aktif orang tua murid,. Guru selaku tenaga pengajar,. Dan juga pemerintah.

Namun kadang terdapat ketidak seimbangan dalam hal tanggung jawab.
Yach,.misalnya jika anak berhasil dalam proses belajar, orang tua-pun bertepuk dada.. Hahaha....anak saya lho.!!
Namun jika hal sebaliknya yang terjadi,.serta-merta orang tua menuding sekolah dan para guru tidak profisional dalam hal mendidik anak.

Mm,..semoga dugaan saya tersebut keliru yach ?!.

Sebagaimana sebuah film dapat dikatakan sukses jika berhasil menarik perhatian penonton,. Dan film adalah sebuah karya yang didukung oleh sutradara, aktor, dan alur cerita, serta pendukung lainnya.. Kesemuanya bekerja dan bertanggung jawab dalam hubungan yang sinergis.

Demikian pula hendaknya guna mencapai proses belajar yg optimal.

1. Kita harus memahami karakteristik anak, latar belakang, fisik, kecerdasan, bakat, sikap kebiasaan belajar, serta kebutuhan dan prestasi kehidupan anak.

2. Memahami diri kita ; Kemampuan kita dalam membimbing memberi kontribusi dan berpengaruh penting terhadap proses belajar anak.

3. Komponen pendukung ;
Walau bukan faktor utama,. Fasilitas, ketersediaan dan kelayakan bagi proses belajar, cukup berperan dan menentukan hasil pembelajaran.

4. Komponen lingkungan :
Ini sangat berperan terhadap prilaku individu..
Yach,.tentunya kita dapat menjabarkan sendiri bukan,.?!

No comments:

CO.CC:Free Domain