''Cita-Cita Dan Harapan''

Semua manusia mempunyai cita-cita akan sesuatu, dan mempunyai harapan untuk mewujudkan cita-cita itu sendiri. Karena mewujudkannya sesuatu yang dicita-citakan itu tidak seperti hujan yang turun dari langit, tanpa usaha bisa datang sendiri. Maka manusia berusaha sekemampuan mungkin untuk bisa mewujudkan apa yang dicita-citakan.

Manusia usaha untuk mewujudkan cita-cita ada 2 (dua) macam :
1. Ada yang usaha dengan cara yang baik, menghindari cara-cara yang tidak terpuji.
2. Tetapi ada yang usaha dengan cara yang tidak baik, yaitu memakai pedoman ''tujuan menghalalkan cara'', artinya dengan cara apapun dianggap halal asal tujuan tercapai.

Akibat yang timbul dari tercapainya cita-cita dan akibat yang timbul dari gagalnya cita-cita.
1. Akibat yang timbul dari hasilnya cita-cita biasanya menimbulkan rasa senang, bangga, itulah yang menurut istilah Al-Qur'an dinamakan (BALAAUL HASANAT), ujian hasanat.
2. Akibat yang timbul dari gagalnya cita-cita, menimbulkan rasa sedih, kecewa, itulah oleh Al Qur'an diistilahkan (BALAAUS SAYYIAAT), ujian sayyiat.

Dua ujian tersebut (hasanat dan sayyiat), sebagaimana tersebut dalam Al Qur'an : (Al A'rof - 168).
''Dan kami bagi-bagi mereka dimuka bumi menjadi ummat-ummat, sebagian mereka menjadi ummat yang baik (sholih) dan sebagian merera tidak demikian, dan kami coba mereka dengan cobaan hasanat, dan kami coba mereka dengan cobaan sayyiat agar mereka kembali kepada tuntunan Alloh''.

Manusia dimuka bumi ini oleh Alloh Ta'ala dibagi menjadi ummat-ummat, menjadi golongan-golongan, menjadi bangsa-bangsa. Sebagian ada ummat yang baik, tetapi sebagian ummat yang tidak baik. Kemudian ummat-ummat tersebut oleh Alloh diuji (bala') dengan ujian (hasanat) dan ada yang diuji dengan ujian (sayyiat). Tujuan dua ujian itu adalah agar mereka kembali kepada ajaran yang ditentukan Alloh Ta'ala.

Kebiasaan manusia itu hanyalah memandang kulitnya saja, yaitu kulit hasanat, dan kulit sayyiat. Dan tidak memandang isinya (bala'). Bila kita tidak hati-hati, keduanya bisa menjatuhkan kita kepada kekufuran.

------
Khaula Andika

No comments:

CO.CC:Free Domain