''Kemanusiaan dan Keimanan''

''Orang-orang tak beriman, amal baiknya seperti Fatamorgana''. Seluruh amal baiknya yang tak beriman laksana fatamorgana, ibarat bayangan air di padang pasir. Waktu ditimpa panasnya matahari dalam pandangan mata itu ada, tetapi kenyataannya air itu tidak ada. Adalah sia-sia amal baiknya sepanjang hidupnya.

Rukun Islam Pertama. * Percaya tak ada Tuhan selain Alloh, Muhammad adalah Rosululloh adalah keimanan.
* Tapi tidak percaya Muhammad Rosul untuk Rohmatan lil'Alamin (kemanusiaan) adalah kufur. ''Dan kami tidak mengutus kamu, kecuali untuk rohmat seluruh alam''.

Rukun Islam kedua Sholat Lima Waktu.
Sholat adalah ibadah yang diawali Takbirotul Ihrom, diakhiri Assalamu'alaikum Wararohmatullohi Wabarokatuh.
* Dari Takbirotul ihrom sampai Tahiyat adalah Keimanan.
* Assalamu'alaikum Warahmatulloh Wabarokatuh adalah mendoakan selamat, rohmat, barokah, kepada masyarakat. Baik masyarakat kanan (Ashabul Yamin) ialah orang baik, maupun masyarakat yang tidak baik (Ashabus Syimal) adalah kemanusiaan.
Menengok kekanan dengan membaca Assalamu'alaikum Warohmatulloh Wabarokatuh mendo'akan orang-orang yang baik mudah-mudahan tetap kebaikannya. Mengucap Assalamu'alaikum kekiri, artinya mendo'akan selamat kepada orang tidak baik, agar tetap selamat di dalam meninggalkan keburukannya.
Di dalam surat Al-Ma'un, walaupun orang itu melaksanakan Sholat Wajib, Sholat sunnah, tetapi bila tidak menolong orang fakir, anak-anak yatim adalah kena (ganjaran) dia diancam Neraka Wail, karena meninggalkan kemanusiaan.

Puasa Romadlon.
Bersabda Rosululloh SAW, : ''puasa romadlon digantung antara langit dan bumi. Dan tidak dinaikkan kepada Alloh kecuali dengan zakat fitra''.
Puasa romadlon adalah keimanan, Zakat fitra adalah kemanusiaan.

Haji.
''Maka barang siapa yang akan melaksanakan haji di dalam bulan-bulan haji. Maka janganlah berbuat maksiat, janganlah berbuat fasiq, janganlah bertengkar di dalam melaksanakan haji''.
Masalah ibadah Haji adalah keimanan, dilarang maksiat, fasiq, bertengkar adalah kemanusiaan.

------
Khaula Andika

No comments:

CO.CC:Free Domain