''Nusantara Ku'!

Bangsa Indonesia, bangsa yang besar dan pernah di segani oleh bangsa-bangsa lain. Yaitu pada masa Majapahit dan Sriwijaya. Bangsaku kaya akan alamnya, strategis diantara 2 benua dan samudra, terletak di garis katulistiwa. Akan harum lagi bangsaku, seperti masa lalu ?

Tanpa berkat rohmat Alloh yang Maha Kuasa mustahil Rakyat Indonesia bisa Merdeka. Tanpa berkat rohmat Alloh yang Maha Kuasa mustahil Tanah Air Indonesia bisa Merdeka. Tanpa Kemerdekaan Indonesia mustahil Negara Indonesia ada, karena yang di susun menjadi Organisasi kekuasaan diberi nama Repoblik itu ialah: Kemerdekaan Bangsa Indonesia / Tanah Air Indonesia yang berazaskan Daulat.

Tanpa adanya Negara Repoblik Indonesia, mustahil Rakyat Indonesia bisa mengadakan perubahan besar disegala bidang menuju kebaikan. Perubahan besar di bidang Politik, Ekonomi, Sosial, Pendidikan, Kebudayaan, Ketahanan, Keagamaan, dan lain-lain.

Pernyataan Rakyat Indonesia pada alenia ke-3 yang diawali dengan kata ''Atas Berkat Rohmat Alloh'' diakhiri dengan kata (Dengan ini Kemerdekaannya) hanyalah tersusun dari 32 kata dua koma satu titik. Akan tetapi pengertian yang terkandung di dalamnya sangat luas dan sangat dalam.
* Bila diibaratkan lautan merupakan lautan tidak berpantai, Lautan Politik tanpa Pantai.
* Bila diibaratkan Danau, Danau Ma'ul Hayat airnya jernih di dalamnya ada permata-permata yang tinggi nilainya. Bila airnya diambil dengan alat Pendidikan, kemudian diminum oleh Bangsa Indonesia, insya Alloh akan menjadi bangsa yang hidup berbangsa dan bernegara yang segar dan jaya. Bila permatanya dikeluarkan dari Danau Ma'ul Hayat, kemudian diuntai menjadi perhiasan bangsa Indonesia insya Alloh bangsa Indonesia akan mengalami hidup berbangsa dan bernegara yang indah dan mulya.
* Bila diibaratkan kitab, akan merupakan kitab seperti yang dikatakan oleh Pujangga Ronggo Warsito '' Sastro Jendro Hayuningrat Pangruwate Buwono''.
* Bila diantara kita ingin mememukan dimanakah letak titik sentral pendidikan Negara RI, maka tidak lain ada di dalam alenia ke 3 ini.

------
Khaula Andika

No comments:

CO.CC:Free Domain