Balai Latihan Kerja, Solusi lulusan SMA

Setiap tahun muncul rata-rata 1 juta pengangguran baru di tanah air, ini karena sebanyak 2,5 juta angkatan kerja lulusan SMA tidak seluruhnya bisa terserap lapangan kerja.

Penyerapan melalui penerimaan pegawai negri sipil (PNS) dan TNI/Polri rata-rata hanya 800.000 orang di tambah lapangan kerja tidak tetap lainnya. Menyerap total 1,5 juta orang. Pada akhir 2008 angka pengangguran mencapai 9,3 juta orang.

Mentri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Eman Suparno mengatakan, salah satu upaya untuk menanggulangi pengangguran, adalah dengan membangun kios 3 in 1 di balai latihan kerja (BLK) yang merupakan bagian revitalisasi BLK. Untuk tahap awal ada 11 kios 3 in 1 yang dibangun sebagai proyek percontohan.

Dengan adanya kios 3 in 1 yang melayani pelatihan, sertivikasi dan penempatan tenaga kerja, menurutnya, diharapkan dapat meningkatkan akses dan ketrampilan tenaga kerja. Menurut Eman, cukup banyak lulusan SMA yang tidak tahu informasi lowongan kerja, sehingga banyak formasi kerja yang tidak terisi.

Direktorat Jendral Pembinaan Pelatihan dan Produktivitas Departemen Tenaga Kerja, Masri Hasyar mengatakan kios 3 in 1 yang berbasis sistim informasi online, mendorong peningkatan mobilitas pencari kerja. Mereka bisa mendaftar dari wilayah mana pun di Indonesia melalui fasilitas internet..

Mudah-mudahan informasi ini dijadikan solusi bagi rekan-rekan yang baru lulus SMA 2009.
Jika ingin informasi kerja terbaru, klik disini ; http://www.lowkerja.co.cc/lowongan-kerja/5004-lowongan-kerja-terbaru-lulusan-sma.html

Semoga sukses menyertai rekan-rekan senantiasa.. Amiin

------
Wslm.

No comments:

CO.CC:Free Domain